http://joebukan.blogspot.com/search/label/Agama

http://joebukan.blogspot.com/search/label/Agama

PENDEKATAN FILOSOFIS DALAM STUDI ISLAM
 
 
Pendahuluan
Sebagai agama terakhir, Islam diketahui memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan agama-agama yang datang sebelumnya. Melalui berbagai literatur yang berbicara tentang Islam dapat dijumpai uraian mengenai pengertian agama Islam, sumber dan ruang lingkup ajarannya serta cara untuk memahaminya. Dalam upaya memahami ajaran Islam, berbagai aspek yang berkenaan dengan Islam itu perlu dikaji secara seksama, sehingga dapat dihasilkan pemahaman Islam yang komprehensif.[1]
Dalam rangka memahami Islam yang muaranya nantinya diharapkan mampu menjawab setiap permasalahan yang dihadapi manusia dan khususnya ummat Islam, agama Islam tidak boleh hanya sekedar menjadi lambang kesalehan atau berhenti sekedar disampaikan dalam khotbah, melainkan secara konsepsional menunjukkan cara-cara yang paling efektif dalam memecahkan masalah.
Tuntunan terhadap agama yang demikian itu dapat dijawab manakala pemahaman agama yang selama ini banyak menggunakan pendekatan teologis normative dilengkapi dengan pemahaman agama yang menggunakan pendekatan lain, yang secara operasional konseptual, dapat memberikan jawaban terhadap masalah yang timbul.[2]
Berkenaan dengan pemikiran diatas, maka pada makalah ini pembaca akan di ajak untuk mengkaji berbagai pendekatan yang dapat digunakan dalam memahami agama. Hal demikian perlu dilakukan, karena melalui pendekatan tersebut kehadiran agama secara fungsional dapat dirasakan oleh penganutnya. Sebaliknya tanpa mengetahui berbagai pendekatan tersebut, tidak mustahil agama menjadi sulit difahami oleh masyarakat, tidak fungsional, dan akhirnya masyarakat mencari pemecahan masalah kepada agama lain, dan hal ini tidak boleh terjadi.
Salah satu pendekatan dalam rangka melakukan pemahaman ajaran Islam secara komprehensif, penulis menggunakan pendekatan filosofis. Dalam pemaparan lebih lanjut akan dijelaskan apa dan bagaimana filsafat itu berperan sebagai sebuah pendekatan dalam memahami ajaran Islam. Pendekatan ini pun hanya sebuah alternatif yang mana masih banyak pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengenal lebih jauh  Islam seperti apa.
 

Leave a comment